Christomario's Blog

Juni 4, 2010

RESENSI

Filed under: Uncategorized — christomario @ 11:07 am

Judul = KAJIAN USAHA MIKRO INDONESIA
Penulis = Joko Sutrisno dan Sri Lestari HS
Tahun terbit = 2006
Isi =

Studi ini mempunyai tujuan untuk mengidentifikasi profil, peran, masalah perusahaan kecil, dan juga pada waktu yang sama untuk merekomendasikan pengembangan model tentang Indonesia perusahaan kecil. Pembelajaran obyek adalah di daerah Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jawa Timur, Nusa Tenggara Selatan, Kalimantan Barat, dan Sulawesi Selatan. Studi ini menggunakan metoda survei, pengolahan data oleh tabulasi dan analisa data telah perbuat dengan deskriptif. Dari hasil studi dapat disimpulkan bahwa:
1) Pengembangan perusahaan kecil adalah suatu nasional program yang mana bagian dari integral program adalah pengembangan penyamarataan.
2) Untuk membantu meningkatkan kemampuan kewirausahaan kecil, itu diperlukan pengikut latihan terintegrasi dari tiap-tiap unsur. Yaitu :
( a) Mengembangkan sistem perseroan/perusahaan perbankan, yang mana besar bank harus lokomotif untuk membantu bank kecil seperti BPR, sedemikian sehingga dapat meningkatkan jasa/layanan untuk perusahaan kecil tersebut.
( b) Menyederhanakan cara-cara ketentuan kredit.
(c) Penggunaan daerah otonom untuk menciptakan bekerja sama antara bagian departemen terkait dan bagian yang dijamin untuk meluas anggaran ke sektor strategis yang mempunyai pengaruh besar dengan mitra pembantu yang diperlukan untuk membantu mengakses proses perbankan.

Kelebihan =
Cukup membantu para pembaca dalam menjelaskan gambaran umum tentang kajian usaha mikro. Faktor-faktor pendukung dalam usaha mikro seperti adanya peluang, pesaing, dan kinerja usaha mikro. Gaya bahasanya pun mudah dipahami, tidak berbelit-belit.

Kelemahan =
Tidak ada pembanding yang menjelaskan cara-cara mengkaji usaha mikro, masalah apa saja yang menjadi pertimbangan untuk menyusun model perkembangan mikro beserta penyelesaiannya.

Kesimpulan =
Bagi para pembaca yang ingin memulai mengkaji usaha mikro, studi ini sangat membantu karena cukup menjelaskan(mendeskripsikan) potensi-potensi daerah di Indonesia dalam usaha mikro, bagaimana kiat-kiat meneliti dalam pemecahan masalah usaha mikro.
(Christopher.mario / 2eb01, 20208279)

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: