Christomario's Blog

Mei 17, 2010

Tugas softskill 4

Filed under: Uncategorized — christomario @ 9:36 am

ANALISIS PERBANDINGAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN PADA MINIMARKET INDOMARET DENGAN ALFAMART DI KOMPLEKS PESONA ANGGREK BEKASI

Pada artikel tentang Analisis Perbandingan Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Pada Minimarket Indomaret Dengan Alfamart Di Kompleks Pesona Anggrek Bekasi terdapat beberapa kesalahan dalam penulisan yang tidak sesuai dengan pedoman Ejaan Yang Disempurnakan. Kesalahan itu dapat terlihat pada penggunaan kata hubung di awal kalimat, seperti sedangkan, adapun, dan, yang, jadi, dengan. Kata penghubung tersebut seharusnya hanya digunakan untuk menghubungkan kata dengan kata maupun kalimat dengan kalimat, bukan untuk digunakan di awal kalimat.
Terdapat juga penggunaan kata hubung yang tidak tepat, yaitu pada kalimat “ Jadi, tingkat kepuasan merupakan fungsi dari perbedaan antara kinerja yang dirasakan oleh harapan”. Kata jadi dalam kalimat tersebut dapat diganti seharusnya dan kata oleh diganti kata dengan agar lebih mudah dan jelas untuk dipahami. Serta terdapat kata yang mempunyai arti yang sama dalam kalimat “ Analisis kepuasan konsumen Indomaret dengan kepuasan konsumen Alfamart terhadap dimensi assurance diketahui bahwa ternyata memang memiliki tingkat perbedaan yang signifikan”. Kata “ ternyata memang” sebaiknya digunakan kata “ ternyata” saja agar tidak mempunyai makna yang berlebih.
Penggunaan tanda baca yang tidak tepat misalnya kalimat yang tidak menggunakan tanda titik (.) pada akhir kalimat dan penggunaan tanda koma (,) yang tidak tepat. Contohnya dapat dilihat pada kalimat “ T-Test pada prinsipnya adalah suatu teknik statistik untuk menguji hipotesis, tentang ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara dua kelompok sampel dengan jalan perbedaab meannya”. Seharusnya tidak perlu menggunakan tanda koma. Pada kalimat “ Dan dalam penelitian ini yang lebih baik adalah Indomaret hal ini diketahui bahwa dari uji – t Indomaret yang lebih besar dari Alfamart sebesar 31,749 > 23,341”. Tanda koma (,) seharusnya dipakai setelah kata “Indomaret” atau bisa digunakan kata hubung “karena”.
Penggunaan kata depan di – pada kalimat “ konsumen dalam memilih minimarket mana yang akan di kunjungi dengan memepertimbangkan lengkap tidaknya produk yang dijual pada minimarket itu”. Kata depan di – dengan kata “ kunjungi” seharusnya digabung.
Pada kalimat “ Demikianlah sebagaimana yang disampaikan oleh banyak pakar ekonomi yang memberikan definisi menganai kepuasan konsumen “. Kata “ sebagaimana “ sebaiknya tidak digunakan dan diganti dengan kata yang tepat yaitu “ seperti “ agar lebih mudah dimengerti makna kalimatnya. Penulisan saran pada artilkel ini terdapat kesalahan dalam penggunaan kata “yang” pada kalimat “ Mayoritas konsumen Indonesia sensitive terhadap harga, karena itu Alfamart agar menekan harga akan dengan cara memutus saluran distributor yang panjang yang akan meminimalkan biaya. Kata “yang “ sebaiknya diganti dengan kata “ sehingga” dan kata “sensitive” juga tidak baku, harus diganti dengan kata “sensitif”.

Bab terakhir yaitu Saran, seharusnya pada saran yang pertama diganti dengan kalimat persediaan barang pada minimarket Indomaret agar disajikan lebih lengkap sehingga semua yang diinginkan konsumen dapat dipenuhi. Kemudian saran yang kedua, seharusnya, mayoritas konsumen Indonesia sensitif terhadap harga, oleh karena itu Alfamart sebaiknya menekan harga dengan cara memutuskan saluran distributor yang panjang, sehingga dapat meminimalkan biaya agar harga menjadi sama dengan pesaing.
(Christopher. Mario / 2eb01, 20208279)

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: