Christomario's Blog

Maret 7, 2010

PAJAK BAKRIE GROUP

Filed under: Uncategorized — christomario @ 9:25 am

Dalam rapat kerja dengan Dirjen Pajak, DPR mempertanyakan hilangnya laporan tunggakan pajak milik Bakrie Group. DPR mempertanyakan apakah sudah ada penyelesaian sehingga perusahaan Bakrie tidak tercantum dalam daftar perusahaan penunggak pajak. Hal ini menyebabkan Dirjen Pajak menuding perusahaan batubara milik Bakrie Group itu melakukan penunggakan pajak senilai Rp 2,1 triliun.

Dugaan tersebut semakin dikuatkan dengan adanya laporan ICW mengenai penggelapan pajak yang dilakukan PT Bumi Resources Tbk (BUMI). Dari data laporan keuangan BUMI, seluruh laporan tahunan ditemukan selisih pajak yang lebih rendah. Hanya pada laporan keuangan tahun 2005, yang jumlahnya valid. Dari bukti laporan tersebut Dirjen Pajak menjanjikan bahwa hasil pelaporan ICW akan menjadi prioritas penyelidikan.

Dan bukan hanya BUMI yang diduga menggelapkan pajak tetapi 2 perusahaan lainnya yaitu PT Kaltim Prima Coal (KPC) serta PT Arutmin Indonesia juga demikian. Penggelapan yang mereka lakukan masing-masing sebesar Rp 1,5 triliun dan 39 juta dollar AS.

Untuk itu Dirjen Pajak dengan aparat hukum akan mengusut kekisruhan ini sampai menemukan kebenaran yang sesungguhnya. Dan menurut Dirjen Pajak, jika dugaan ini benar maka akan diproses secara pidana. Itu berarti ada penanggungjawab pajak di masing-masing perusahaan dari tiga anak usaha Bakrie itu. Apabila pihak Bakrie tetap tidak membayar pajak tersebut akan terancam hukuman penjara.

( Christopher. Mario 2eb01 / 20208279 )

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: